File Download
No | Judul | Aksi |
---|---|---|
1 | DAFTAR INVENTARIS BUKU SMAN 1 MARIKIT Buku-buku yang dijadikan bahan bacaan atau literasi di perpustakaan SMA Negeri 1 Marikit. |
Unduh |
2 | LAPORAN PTK Kata kunci: Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan bagaimana meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Marikit. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks eksplanasi melalui pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Marikit tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Marikit yang terdiri dari 15 Peserta didik. Teknik penelitian berupa observasi dan tes. Penelitian dilakukan dengan kegiatan prasiklus dan satu siklus tindakan. Prasiklus diberikan bahan ajar materi teks eksplanasi kepada peserta didik, dijelaskan dengan ceramah, dan diberikan tes prasiklus. Kegiatan siklus 1 dilakukan setelah menganalisis hasil pada kegiatan prasiklus. Siklus 1 dilakukan tindakan dengan diterapkan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil observasi selama pembelajaran prasiklus diketahui minat siswa masih kurang dalam memproduksi teks eksplanasi. Berdasarkan data hanya 5 (33%) peserta didik yang mimiliki minat dan 10 (67%) peserta didik masih kurang berminat. Hasil tes prasiklus hanya terdapat 1 siswa (6,66%) yang mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu 75, sedangkan skor yang diperoleh oleh 14 siswa (93,33%) tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Sedangkan pada siklus 1 peserta didik yang mendapat nilai 100 sebanyak 8 orang (54%) dan 7 peserta didik mendapat nilai 80 (46%). Persentase ketuntasan siswa dalam memproduksi teks eksplanasi pada siklus 1 ini mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut, terjadi peningkatan minat dan hasil belajar yang signifikan sesudah diterapkan model pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran dengan problem based learning terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. |
Unduh |
3 | Materi Mapel Teknologi Informtika-Makalah Makalah |
Unduh |