- By
- 07 Mar 2022
- 229529
Jenis-Jenis Perangkat Ajar yang Bisa Digunakan di Kurikulum Merdeka
(sumber : https://naikpangkat.com/jenis-jenis-perangkat-ajar-yang-bisa-digunakan-di-kurikulum-merdeka/)
Perangkat
ajar atau perangkat pembelajaran merupakan sejumlah bahan,
alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran. Artinya perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau
sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Perangkat ajar dalam
Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik
dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).
Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran
serta bentuk lainnya.
Dengan demikian,
perangkat ajar yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam menghadapi
pembelajaran di kelas antara lain adalah buku teks, modul ajar, maupun Rencana
pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun pemerintah juga telah menyiapkan modul
projek sebagai salah satu perangkat ajar di Kurikulum Merdeka.
Buku teks
Buku teks adalah jenis
perangkat ajar berupa buku pelajaran pada bidang mata pelajaran tertentu.
Selain itu, buku teks ini juga merupakan buku standar yang berisi sumber
informasi dan disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
Pemerintah bertanggung
jawab atas ketersediaan buku teks pelajaran yang bermutu, murah, dan merata
tanpa diskriminasi. Buku teks terdiri atas buku teks utama dan buku teks
pendamping.
Buku teks utama
merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan
kurikulum yang berlaku dan disediakan oleh Pemerintah tanpa dipungut biaya.
Dalam konteks pembelajaran, buku teks pelajaran terdiri atas buku teks peserta
didik dan buku panduan guru sebagai pendidik.
Buku peserta didik
merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan Buku Panduan pendidik
merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran
berdasarkan buku peserta didik tersebut.
Buku teks utama yang
fleksibel dan kontekstual dapat berbentuk cetak dan digital serta dapat
disajikan dalam bentuk modular. Dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu,
secara berkelanjutan buku teks akan dievaluasi secara berkala.
Modul ajar
Modul ajar adalah
salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik untuk
melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan
Capaian Pembelajaran (CP). Dalam hal ini modul ajar merupakan penjabaran dari
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disusun sesuai dengan fase atau tahap
perkembangan peserta didik.
Mempertimbangkan
apa yang akan dipelajari dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru dalam
hal ini memiliki kemerdekaan untuk:
·
memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan
Pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik,
atau
·
menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
Dalam
pengembangan modul ajar sebagai perangkat ajar, pendidik dan satuan pendidikan
dapat menggunakan berbagai strategi selama modul ajar yang dihasilkan memenuhi
kriteria yang telah ditetapkan dan aktivitas pembelajaran dalam modul ajar
sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.
Modul projek
Modul
projek adalah perangkat ajar yang dikembangkan untuk memandu
warga sekolah melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal
ini modul projek mengambarkan perencanaan pembelajaran dengan konsep
pembelajaran berbasis projek (project
based learning).
Modul projek
sebagai salah satu perangkat ajar harus disusun sesuai dengan fase atau tahap
perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan
berbasis perkembangan jangka panjang. Bagian penting dari modul projek ini
adalah dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar
Pancasila.
Satuan pendidikan dan pendidik memiliki kemerdekaan untuk:
·
memilih atau memodifikasi modul projek yang sudah disediakan
Pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik,
atau
·
menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
Dalam
pengembangan modul projek sebagai suatu perangkat ajar di Kurikulum Merdeka,
pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi selama modul
projek yang dihasilkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan aktivitas
dalam modul projek sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.
Penyusunan Perangkat Ajar
Secara umum, ada
2 (dua) langkah besar dalam penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata
pelajaran, yaitu:
1. Penyusunan Alur
dan Tujuan Pembelajaran
Beberapa pathways
menuju CP disediakan pemerintah untuk digunakan sekolah. Alur pembelajaran
adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan
pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear
sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari
2. Pengembangan Modul Ajar
Seperti RPP,
namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa,
dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Perangkat
ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.
Hal yang Harus Dipahami
Dalam
hal perangkat ajar, pendidik memiliki kemerdekaan untuk
membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi perangkat ajar yang tersedia sesuai
dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya. Pemerintah
menyediakan beragam perangkat ajar untuk membantu pendidik yang membutuhkan
referensi atau inspirasi dalam pengajaran.
(sumber : https://naikpangkat.com/jenis-jenis-perangkat-ajar-yang-bisa-digunakan-di-kurikulum-merdeka/)